Sunday, August 17, 2014

Solusi Mengatasi Problem Sering RTO Modem ADSL Telkom Speedy TP-LINK TD-8817

Logo Telkom Indonesia
Perusahaan telekomunikasi penyedia layanan jasa internet di Indonesia sampai saat ini adalah Telkom Indonesia melalui anak usahanya yang bernama Telkom Speedy. Dengan berbagai kelebihannya seperti akses internet cepat, terutama untuk kegiatan browsing dan download (kalau upload masih kurang ya, hehehe ...) dikarenakan proses ping yang rendah, koneksi internet Speedy juga memiliki beberapa kekurangan. Sisi-sisi kelemahan Speedy selain tidak dapat dinikmati oleh teman-teman yang bertempat tinggal yang tidak dilalui jaringan Telkom atau yang belum berlangganan telepon yang disediakan oleh Telkom, adalah masih sering ditemuinya problem RTO alias Request Timed Out alias down alias koneksi putus-nyambung pada jaringan internet Telkom Speedy.

Masalah RTO alias koneksi putus-nyambung yang dialami oleh sebagian pengguna layanan internet Telkom Speedy banyak sumbernya. Problem RTO bisa terjadi ketika cuaca sedang buruk, misalnya saat hujan deras yang disertai oleh kilat dan gemuruh halilintar (saudara saya itu, hehehe ...). Internet Speedy bisa down apabila line telepon di rumah kita sedang bermasalah (bisa dicek dengan cara mengangkat gagang telepon, lalu dengarkan nadanya apakah ada bunyi krosok-krosok) atau kabel telepon dari rumah kita ke sentral Telkom terdekat putus (mungkin karena kucing dan tikus kejar-kejaran, hehehe ...).

Masalah koneksi putus-nyambung dapat pula terjadi jika tegangan listrik di rumah kita sedang tidak stabil alias naik-turun, sehingga menyebabkan modem ADSL sering te-restart sendiri. Tentu saja internet bisa down juga jika memang server Telkom pusat sedang eror atau offline. Nah, selain sumber-sumber masalah tadi, ada juga satu hal yang dapat mengakibatkan problem pada koneksi internet Speedy kita sehingga sering RTO, yaitu konfigurasi yang kurang maksimal dan kurang cocok pada modem bawaan Telkom Speedy untuk koneksi ADSL di Indonesia.

Untuk masalah yang terakhir disebutkan tadi, setelah berjuang dan bertempur habis-habisan ke sana-ke mari di perpustakaan Mas Google yang tak berujung (lebay ya? hehehe ...), akhirnya saya menemukan solusinya. Ternyata, solusi untuk mengatasi problem sering RTO yang terjadi pada modem ADSL bawaan Telkom Speedy tidak sulit. Kita cukup melakukan sedikit perubahan pada konfigurasi modem tersebut.

Biasanya, ketika kita mulai berlangganan internet Speedy, pihak Telkom selalu memberikan modem ADSL secara gratis yang bisa ditukar dengan free pula jika suatu hari rusak asalkan tanpa kesengajaan human error. Modem ADSL favorit yang paling sering 'dihadiahkan' Telkom kepada para pelanggan barunya biasanya adalah merk TP-LINK, baik yang bisa wireless maupun yang tidak. Nah, pada postingan saya kali ini, saya bermaksud membagikan solusi cepat mengatasi problem sering RTO pada modem ADSL Telkom Speedy dengan merk TP-LINK tipe TD-8817.

Modem TP-LINK TD-8817 Produksi Tahun 2012
Perlu dicatat bahwa tips solusi yang saya bagikan berikut ini insya Allah bisa berhasil apabila langkah-langkahnya dilakukan secara tepat dan berurutan, meskipun ketika kita sedang melakukan konfigurasi tetap harus sambil berdoa kepada Tuhan Yang Mahakuasa, karena di dunia ini apapun bisa terjadi (bisa sukses dan bisa pula gagal), hehehe ... Solusi berikut insya Allah bisa juga diterapkan di semua modem dengan merk TP-LINK, meskipun mungkin pula bisa dicoba di modem dengan merk lain. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi problem sering RTO pada modem ADSL Telkom Speedy TP-LINK TD-8817.

1. Pastikan modem sudah terkoneksi dengan jaringan Telkom Speedy, lalu masuklah ke modem melalui web browser. Ketik "192.168.1.1" pada URL, lalu masukkan Username dan Password (biasanya Username dan Password sama, yaitu "admin" secara default).

Masukkan Username dan Password ("admin" by Default)
2. Pilihlah menu Interface Setup dalam modem, lalu klik LAN. Lihat paling bawah, pada DNS Relay, pilih "Use User Discovered DNS Server Only". Selanjutnya, isi angka-angka berikut pada:

Primary DNS Server : 202.43.178.245
Secondary DNS Server : 202.46.1.2

Konfigurasi Ulang Primary dan Secondary DNS Server
3. Untuk modem yang ada wireless-nya, tetaplah berada di menu Interface Setup, lalu klik Wireless, dan matikan fungsi "WPS".

4. Masuklah ke menu Advanced Setup dan klik VLAN. Pada VLAN Function, pilih "Deactivated".

Non-Aktifkan VLAN Function
5. Masih di menu Advanced Setup, kini klik-lah ADSL. Lakukan setting berikut.
    a. ADSL Mode -->> Pilih "G.DMT";
    b. ADSL Type -->> Pilih "ANNEX A";
    c. Bitswap Enable -->> Matikan (Hapus Tanda Centang);
    d. SRA Enable -->> Matikan (Hapus Tanda Centang); dan
    e. Klik "SAVE".

Lakukan Konfigurasi Seperti di Gambar Pada Setting ADSL
6. Masuklah ke menu Access Management, dan pilih UPnP. Pada bagian UPnP, klik-lah "Deactivated", lalu klik "SAVE".

Konfigurasi Pada Access Management -->> UPnP
7. Semua langkah sudah selesai dijalankan. Kini masuklah ke dalam menu Maintenance, pilihlah SysRestart, klik "Current Settings" pada "System Restart with", dan klik "RESTART".

Konfigurasi Pada Maintenance -->> SysRestart -->> RESTART Modem
8. Modem ADSL TP-LINK TD-8817 akan berfungsi dengan baik dan lancar, sehingga koneksi internet Telkom Speedy kita tidak akan putus-nyambung lagi. Insya Allah. :)

Apabila koneksi internet Speedy Anda masih mengalami RTO, ada satu hal lagi yang perlu Anda ingat kembali, yaitu modem ADSL bawaan Telkom, biasanya TP-LINK, sangat rentan terhadap perubahan daya tegangan listrik. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti adaptor bawaan modem tersebut dengan membeli adaptor di toko listrik terdekat yang bertegangan 9V. Anda juga bisa menstabilkan arus listrik modem dengan menambahkan stabilizer atau UPS (Uninterruptible Power Supply) yang dicolokkan pada terminal listrik yang tersambung dengan kabel adaptor modem ADSL Anda. Ingatlah selalu bahwa kalau arus listrik sering naik-turun alias tidak stabil, modem ADSL merk TP-LINK sangat rentan dan biasa te-restart sendiri.

Semoga postingan singkat saya tentang solusi mengatasi problem sering RTO modem ADSL Telkom Speedy TP-LINK TD-8817 di atas dapat membantu. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf, karena saya juga masih harus banyak belajar. Terima kasih. :)

Sumber Referensi:


~Putra Raja Halilintar~
Indra Setyo Rahadhi, S.S..

92 comments:

  1. Alhamdulillah, setelah mencoba tutorial yang sebelumnya diperkenalkan oleh Mas Muhammad Al-Ikhsan, koneksi internet Speedy saya kembali lancar walaupun speed-nya tidak sekencang sebelumnya. ^_^ Yang penting koneksi stabil dan masih cepat untuk standar Indonesia. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya coba Mas Indra. It's work. Thanks.

      Delete
    2. mas mohon pencerahannya
      ip yang digunakan apakah aman dan tidak ada kendala dengan BALMON

      Delete
    3. @ Umar HS: Insya Allah aman dan tidak ada kendala dengan Balmon. :)

      Delete
  2. Alhamdulillah sudah TERUJI dan SUKSES diterapkan di modem ADSL TP-LINK TD-8817. Koneksi internet Telkom Speedy pun kembali normal dan lancar. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah akan ana referensikan kepada teman-teman ana yang memakai Speedy dan mungkin membutuhkan bantuan dengan membaca artikel tutorial ini. Syukron jazakumullah.

      Delete
  3. This was a simple tutorial to stabilize Speedy internet connection.

    ReplyDelete
  4. Udah ane coba Bang Indra di modem wireless ane, lancarrr!

    ReplyDelete
  5. Syukron katsiron atas tutorial yang langkah-langkahnya mudah dimengerti ini, akhi Indra. Semoga Allah SWT senantiasa menganugerahkan ilmu yang bermanfaat untuk kita. Amin.

    ReplyDelete
  6. Mantap ini tutorialnya! Modemnya langsung jalan! Gak lagi RTO atau restart sendiri, udah normal sekarang mah! Kalo nge-down lagi berarti Telkom Speedy-nya bener-bener minta dijitak pake beton! Hahaha ... :D

    ReplyDelete
  7. Thanks a lot, Agan Indra untuk artikel tutorialnya. Temen ane udah cobain di modem wireless tp-link dia, tapi kalau hujan masih sering rto/down. Mungkin seperti yang Agan bilang, kalau cuaca buruk, modem ikut sering rto, tapi all the way stabil. Thanks.

    ReplyDelete
  8. Keren Dra. Mantep lah pokoknya! Hahahah ...

    ReplyDelete
  9. Terima Kasih Atas Pencerahanya Pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ... :)

      Panggilnya "Mas" aja. Saya masih muda. Hehehe ... :D

      Delete
  10. Alhamdulillah lacar boss speedy saya....

    ReplyDelete
  11. mas klo user name sama paswrdnya gak bisa masuk gmna??padahal gak pernah di ganti2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti modem Mas Wawan harus di-reset ulang by default. Caranya: Cari lubang kecil di bagian belakang modem yang sejajar dengan port Power, port LAN, port kabel telepon, dll. Lalu tekan/tusuk menggunakan ujung pulpen atau pensil selama beberapa detik sampai modem te-reset secara sempurna. Tanda modem sudah te-reset adalah seluruh lampu pada modem yang tadinya menyala bersamaan tiba-tiba mati semua dan kembali menyala satu per satu. Akan tetapi, Mas Wawan wajib bisa men-setting ulang modemnya dari awal, karena seluruh konfigurasi modem sudah pasti te-reset kembali ke awal. Semoga membantu. :-)

      Delete
    2. cara seting ulang gak ngerti mas..kalau emang agak ribet settingnya bisa krim kontak mas?? saya bisa tlfn biar gampang mngkin :D

      Delete
    3. @ Wawan: Gampang kok Bang. Tinggal cari lobang kecil di belakang modem, masukin pake ujung pensil atau ujung pulpen, tekan agak lama ntar modem reset otomatis. Tinggal setting ulang deh.

      Delete
  12. Replies
    1. Tidak. Restart modem biasanya hanya membutuhkan waktu antara 30-60 detik. :-)

      Delete
  13. suwun om thx lancar jaya nggak RTO lagi

    ReplyDelete
  14. Apakah bisa dipakai di modem model lain, saolnya punya saya TP-LINK TD-W8151N

    ReplyDelete
  15. allhamdulillah gan masalah terkurangi :) Good Luck kedepan nya gan

    ReplyDelete
  16. ini yang selama ini gua cari, makasih gan sangat membantu, semoga penyakit speedy ane kalu ujan terus lemot itu sembuh

    ReplyDelete
  17. kok tidak bisa di ganti ya mas dns ny jd yg itu? stlah gw ubah dia balik ttp jadi auto?

    ReplyDelete
  18. thanks yaaa...
    dari tadi ngutak ngatik wirelessnya RTO terussss....
    skrg alhamdulillah lancar....
    bermanfaat bgt infonya...

    ReplyDelete
  19. Vlan kok tdiak bisa di deactivkan ya mas, tidak bisa di klik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modemnya coba di-Reset Factory Settings dulu Mas.

      Atau bisa jadi modemnya hang, sehingga tidak bisa diklik.

      Delete
  20. Sbelumnya terimakasih Mas tutornya.. stelah sy menggunakan tutor ini RTO lumayan berkurang yg dulunya bisa 10 baris skarang paling 1 baris tiap 20 kali repley...
    dan kemudian sy mau tanya mas.. apakah tutor ini bs d pake di modem ber Mode bridge???

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas ... :-)

      Untuk modem mode Bridge saya belum pernah mencobanya, Mas ... :-)

      Delete
  21. saya udah nyobain cara2 di atas, tanpa ada yg terlewat sedikit pun tapi modem saya malah gak bisa conect sama sekali, lampu internet nya gak nyala, saya tunggu sampe beberapa jam tetep aja gak mw conect.. terpaksa saya harus mereset ulang modem dri lubang kecil yg ada di belakang modem dan setting ulang, modem saya bru terkoneksi kembali tapi tidak menyelsaikan masalah saya yg sering bagt RTO dan disconect :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tes suara telepon rumah Agan, apakah jernih atau ada bunyi kemerosok. Kalau jernih, bisa jadi modemnya yang bermasalah. Tetapi kalau ada bunyi kemerosok, bisa jadi line telepon di rumah Agan bermasalah. Agan bisa hubungi Plasa Telkom terdekat atau nomor 147 untuk perbaikan atau pergantian kabel Telkom.

      Delete
    2. WPS nya jangan dimatiin mas. insya allah normal kembali. sudah saya coba. :)

      Delete
    3. WPS nya jangan dimatiin mas. insya allah normal kembali. sudah saya coba. :)

      Delete
  22. moden saya modem TP-LINK TD-W8951ND

    ReplyDelete
  23. wih makasih om, RTO nya jauh lebih berkurang :D

    ReplyDelete
  24. cara di atas apakah sama dengan TP-LINK TD-W8951ND mas indra ??

    ReplyDelete
  25. gue g bisa login id admin psswrd admin

    ReplyDelete
  26. Kalo modem speedyZTE ZXV10 W300s bsa ga?

    ReplyDelete
  27. Bang indra kok saya mengikuti cara yang diatas internetnya jadi gk secepat sebelumnya ya??

    ReplyDelete
  28. thanks gan masalah sudah terpecahkan. dan kecepatan internetnya sama aja, nggak berkurang.

    thanks

    ReplyDelete
  29. thanks gan masalah sudah terpecahkan. dan kecepatan internetnya sama aja, nggak berkurang.

    thanks

    ReplyDelete
  30. mas kalau Modem TPLINK - TD W8951ND Bsa ga ya?

    ReplyDelete
  31. bang indra di modem TP-Link TD-W8961N ga work nih..jadi tidak koneksi..mohon bantuannya..dan kode masuknya berbeda bukan 192.168.1.1 <<> 192.168.1.254
    ditunggu balasannya..

    ReplyDelete
  32. gan klw conection wifinya tetep conect internet cuman lemot namun pesawat telephonenya mati, gimana cara ngatasinya ya ?

    ReplyDelete
  33. Wah ini.. speedy sy selalu RTO mungkin harus di setting spt ini

    ReplyDelete
  34. makasih bro..akhirnya lancar jaya.

    ReplyDelete
  35. benar-benar sangat bermanfaat.. barakallahh..

    ReplyDelete
  36. Mas VLAN function tidak bisa di deactivated, apakah boleh langsung dilanjutkan ke step2 berikutnya saja?

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah udah bisa gan ,makasih ya gan �� Internet sih sama aja kecepatannya tadi ngga ada putus2 nya ����

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah udah bisa gan ,makasih ya gan �� Internet sih sama aja kecepatannya tadi ngga ada putus2 nya ����

    ReplyDelete
  39. kalo masuk ke 192.168.1.1 nya gak bisa gimana mas?
    jawabannya selalu bilang "Laman web ini tak tersedia"

    ReplyDelete
  40. Trims pak. Ada bbrp yg ga saya deactivated. Cm vlannya saja, trus modemnya dipakein ups. Alhamdulillah lancar jaya.

    Atasku : setau saya kl 192.168.1.1 ga bs, coba pake 192.168.1.254

    ReplyDelete
  41. kalo vlan tidak bisa di deactive itu kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
  42. gan ini klo buat modem TD-W8961N bisa engga ?

    ReplyDelete
  43. vlannya gk bisa dibikin diactivate. gimana ni?

    ReplyDelete
  44. terimakasih gan ada perubahan....makasih tutorial nya..mudah di mengerti..
    smoga rezeki agan lancar

    ReplyDelete
  45. dear mas indra,, OR Dear all

    Saya ada masalah ketika mw diactivate vlan tidak bisa ya..?
    padahal yg matikan WPS sudah saya lakukan dan sudah disave,apakah ada step yang saya lewatkan atau bagaimana ya..?

    terima kasih

    ReplyDelete
  46. gan mau tanya kalo ping yg tiba2 naik msalahny apa ya ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  47. mas masih hidup di blog nih?
    mo nanya, kok ping saya ga naik2 ya? tp sering rto, dan pasti nunggu lama abis rto,
    anehnya ping ga pernah naik.

    ReplyDelete
  48. Wow bagus Bro bermanfaat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  49. infonya sangat2 bermanfaat. indihome juga pakai modem settingan yg sama. ga nyangka kirain cuman RTO nya aja yg hilang, ternyata ping time nya dari yg 50-55 melonjak jadi 20-25. hebat tipsnya. makasih :)

    ReplyDelete
  50. kalau model spedy ZTE ZXHN H108N bisa di setting kyak gitu ngak gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas Rafi. Sekarang modem saya juga ZTE ZXHN H108N. Sorry reply-nya lebih dari setengah tahun. :-D

      Delete
  51. Alhamdulillah thanks gan infonya, sebelumnya RTO terus, sampe saya coba ganti kabel2nya, bahkan modemnya tetap juga mati hidup mati hidup, setelah terapkan ilmu dari agan, da 1 jaman ini belum ada putus, mudah2an lancar terus, sekali lagi thanks ya gan, :D

    ReplyDelete
  52. terimakasih gan modem saya jadi error ^_^ gk bisa internetan lagi karena gwa setel default, dan gk tau no id speedy telkom nya.. gwa mah gtu orang nya reset modem speedy tapi gk hapal no id speedy samma password ny

    ReplyDelete
  53. Mantaap, udah 3 hari gak RTO lagi
    Thx bang

    ReplyDelete
  54. Mantaap, udah 3 hari gak RTO lagi
    Thx bang

    ReplyDelete
  55. mas vlan ku kok gak bisa di deactived ?

    ReplyDelete
  56. Mantap mas.. udh gak putus2 lagi sejauh ini..

    ReplyDelete
  57. Primary DNS Server : 202.43.178.245
    Secondary DNS Server : 202.46.1.2 koq gak bisa di save om

    ReplyDelete
  58. kalo ip berubah sendiri gmna cara mengatasinya ya,mngkin bisa bantu,saya tdk bisa masuk ke dasboard tp link

    ReplyDelete
  59. mas saya bikin video tutorial di youtube boleh gak, nnti sumbernya pasti saya masukin.

    ReplyDelete
  60. BOLAVITA adalah Salah Satu Agen Judi Online Teraman Dan Terpercaya.
    BOLAVITA Menyedikan Berbagai Produk Game Untuk Para Bettor Di Indonesia, Diantaranya;

    -SBOBET
    -MAXBET
    -368BET
    -WM555 CASINO
    -SABUNG AYAM
    -BOLA TANGKAS
    -PLAY126
    -Joker123 ( Fish Hunter )

    BOLAVITA Juga Sedang Mengadakan Event Promo Bonus Spesial Natal & Tahun Baru 2019 Freebet 1 Juta untuk para Bettor.
    Dan Tidak Lupa, BOLAVITA Juga Sedang Banyak Promo Menarik loh Untuk Para Bettor, Diantaranya ;

    HOT PROMO BOLAVITA !!!

    -Bonus New Member up To 10%
    -Bonus Setiap Deposit 5%
    -Cashback Lose 10%
    -Rollingan Casino 1% Full
    - DLL

    Nahh Untuk Info Yang Lebih Detail Bisa Langsung Hubungi CS Yang Sedang Bekerja ya

    Contact Person ;
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete