Monday, August 12, 2013

Jangan Melepas Baterai Laptop Ketika Sedang Digunakan!

Baterai Laptop Fully Charged 100%.
Halo sobat "Pangeran Halilintar" yang baik hatinya! Pada kesempatan ini aku akan mem-posting tulisan mengenai penggunaan baterai secara benar dan sehat bagi laptop. Dewasa ini aku masih saja sering mendengar anjuran (baca: mitos) yang menyatakan bahwa "Jika baterai laptop sudah penuh terisi, maka harus langsung dicabut. Kalau baterai laptop sudah hampir habis isinya, maka harus segera di-charge ulang." Begitu pula seterusnya, yang lazim dikenal dengan istilah charge-discharge baterai pada laptop (notebook dan netbook sama saja). Menurut para penganut 'aliran charge-discharge', proses seperti itu harus dilakukan agar baterai laptop tidak kembung, tidak cepat rusak, dan hemat pemakaiannya. Maaf sebelumnya, harus aku katakan secara jujur bahwa pendapat 'aliran' alias 'sekte' tersebut benar-benar tidak tepat, tidak terbukti, bahkan sesat!

Ya, harus dijelaskan di sini bahwa semakin sering proses charge dan discharge dilakukan pada baterai laptop, maka cycle count baterai laptop tersebut akan semakin berkurang dan terus berkurang. Apabila cycle count baterai laptop sudah melebihi batas maksimal yang ditentukan, maka hasilnya adalah baterai laptop akan drop dan tidak akan berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Apa itu cycle count? Cycle count adalah siklus pemakaian baterai yang dihitung sejak isi baterai habis sampai baterai tersebut di-charge hingga penuh kembali. Baterai laptop zaman sekarang hampir semua menggunakan lithium-ion yang memiliki usia antara 300 hingga 800 periode cycle count.

Nah, cara menggunakan laptop yang paling baik adalah apabila isi baterai laptop sudah dalam keadaan penuh, tidak charging lagi, dan adaptor listrik terpasang, maka biarkan seperti itu adanya. Lakukan aktivitas kamu menggunakan laptop tanpa harus mencabut kabel adaptor walaupun baterai laptop sudah penuh.

Contoh Baterai Laptop.
Kamu tidak perlu khawatir baterai laptop akan drop, karena baterai-baterai laptop di masa sekarang sudah memiliki teknologi canggih bernama "Battery Control". Dengan kemampuan battery control, maka apabila baterai sudah penuh terisi, baterai akan menghentikan proses charging-nya secara otomatis. Jika sudah dalam keadaan penuh pun kemudian berkurang sedikit demi sedikit pada rentang 90-100%, baterai tetap tidak akan dan belum perlu di-charge. Nah, dalam keadaan baterai sudah full seperti itu, maka tenaga atau daya yang digunakan untuk mengoperasikan laptop tidak akan lagi diambil dari baterai, melainkan langsung disuplai dari aliran listrik. Pada kondisi seperti itu, maka baterai laptop akan berfungsi sebagai stabilizer sekaligus back up tenaga atau daya laptop apabila tiba-tiba tegangan listrik naik-turun (tidak stabil) atau tiba-tiba listrik mati.

Nah, apabila baterai dilepas dari laptop lalu laptop dinyalakan dengan sumber daya diambil langsung dari tenaga listrik tanpa perantara, maka apabila terjadi tegangan listrik naik-turun atau tiba-tiba listrik mati, hasilnya adalah korsleting pada komponen-komponen laptop yang menyebabkan hardware laptop tersebut rusak, khususnya motherboard.

Berdasarkan pengalaman aku pribadi, baterai laptop yang digunakan secara benar dan sehat seperti yang telah dijelaskan di atas (adaptor listrik tetap dipasang ke laptop walaupun baterai sudah terisi penuh) akan memiliki usia yang bagus, yakni berumur antara dua hingga tiga tahun. Apabila jarang terjadi tegangan listrik yang naik-turun atau jarang terjadi listrik mati tiba-tiba, usia baterai laptop yang tetap terpasang ketika laptop sedang digunakan akan semakin panjang lagi.

Nah, sekarang pilihan berada di tangan sobat:
- Apakah kamu lebih rela mengeluarkan uang sebesar 2,5 juta sampai 5 juta rupiah untuk memperbaiki hardware-hardware laptop (khususnya motherboard) karena terkena korsleting listrik akibat penggunaan baterai CDC (charge-discharge)?; atau

Uang yang Banyak.
- Lebih baik membeli baterai laptop yang hanya seharga 500 ribu hingga 1 juta rupiah secara rutin setiap 2 hingga 3 tahun sekali? Seburuk-buruknya kemungkinan, yaitu apabila baterai laptop tiba-tiba rusak sebelum 2-3 tahun, tetap uang sebesar maksimal 1 juta rupiah menjadi 'cukup kecil' nilainya jika dibandingkan dengan jutaan rupiah yang harus kamu keluarkan hanya untuk memperbaiki laptop kamu yang terkena korsleting listrik, padahal mungkin usianya baru beberapa bulan setelah dibeli.

Saran aku yang terakhir adalah gunakanlah laptop seperti cara kerja desktop. Apabila tidak ada sumber tenaga listrik atau listrik sedang padam, matikan saja laptopnya alias tidak usah dipakai sementara sampai adanya sumber energi listrik. Suatu saat kinerja baterai juga pasti akan menurun juga. Tetapi, lebih baik membeli baterai baru setiap 2-3 tahun sekali dengan harga maksimal hanya 1 juta rupiah, daripada harus mengganti berbagai komponen pada motherboard laptop yang harganya bisa cukup menguras kocek.

Oke deh, sekian dulu postingan aku seputar penggunaan baterai laptop yang benar dan sehat. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua agar menjadi orang-orang yang tidak mudah tertipu pada mitos-mitos sesat, mampu berpikir secara cerdas (think smart), dan mampu mengoperasikan laptop sesuai jalan yang benar. Wassalam.

8 comments:

  1. Wah, ini nice info banget Mas Indra. Saya baru tau ternyata cara pake batere laptop yang bener begitu. Thanks yah Mas Indra ... :)

    ReplyDelete
  2. Oh ternyata begitu ya, tx yups kak Indra buat infonya. thumbs up deh. ;)

    ReplyDelete
  3. Berguna banget agan artikelnya. Thanks yah ...

    ReplyDelete
  4. Good article ...

    ReplyDelete
  5. Kebanyakan orang emang salah kaprah soal penggunaan baterai laptop Bung.

    ReplyDelete
  6. Berarti yang selama ini gw denger dari temen gw bahwa laptop kudu cabut colok baterenya sesat dunk! -_- hahahah

    ReplyDelete
  7. @Windy Anindita: Iya, sama-sama ya ... :)

    @Carissa Andini: Yap, you're very welcome ... :)

    @Iqbal Farisy: You're welcome, Bang. :)

    @Rika Pratiwi: Thanks a lot ... :)

    @Frans20: Makanya harus kita luruskan dan jelaskan, Gan Frans. :)

    @Evan Jonathan: Sekte sesat entah dari mana itu mah, Van. Hahaha ... :D

    ReplyDelete
  8. benar sekali, pengalaman saya sudah pernah mengalami laptop mati karena cabut baterai supaya tidak bocor, resikonya laptop jadi mati. pengalaman kedua walaupun sudah 100% tetep dicolokin, alhasil baternya sekarang bocor dan cuma bisa dipake 20 menit aja, tapi laptop tetep awet

    ReplyDelete