Monday, August 12, 2013

Fungsi Shut Down, Hibernate, Sleep, dan Restart Pada Komputer

Tidak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini komputer - baik notebook, netbook, maupun desktop - adalah device alias alat canggih yang sangat familiar digunakan oleh umat manusia, mulai dari perkotaan metropolis hingga bahkan perkampungan nun jauh di sana.

Kalian yang sering menggunakan komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Shut down, Hibernate, Sleep, dan Restart. Ya, istilah-istilah tersebut selalu muncul sebagai pilihan setiap kalian hendak mematikan komputer. Yang paling sering kalian pilih pasti opsi Shut down atau Restart, terutama setelah kalian menggunakan komputer seharian full atau setelah kalian selesai menginstal sebuah program.

Opsi Shut down, Hibernate, Sleep, dan Restart pada Komputer.
Akan tetapi, apakah kalian sudah mengetahui secara persis arti maupun kegunaan masing-masing pilihan tersebut? Kalau belum, maka pada postingan ini aku akan mencoba menjelaskan secara singkat arti dan kegunaan opsi-opsi Shut down, Hibernate, Sleep, dan Restart.

1. Shut down

Opsi ini yang paling sering dipilih oleh para pengguna komputer. Artinya adalah "mematikan" komputer. Dengan memilih opsi Shut down, kamu berarti mematikan seluruh komponen dalam komputer, mulai dari RAM (random access memory), prosesor, hard disk, VGA card, dan lain-lain secara total karena aliran listrik diputus. Kalau kamu memilih opsi Shut down, maka pada saat komputer dihidupkan kembali nanti akan membutuhkan waktu yang lama, karena pada saat Shut down isi RAM dikosongkan. Pada saat komputer dihidupkan kembali, komputer akan me-reload seluruh isi RAM dan hard disk - termasuk sistem operasi (OS 'operating system'). Pilihan Shut down cocok digunakan apabila kamu sedang tidak akan memakai komputer dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Hibernate

Opsi ini sangat mirip dengan Shut down, yaitu mematikan komputer secara keseluruhan dengan memutuskan total aliran listrik. Perbedaannya adalah bahwa pada mode Hibernate sebelum komputer dimatikan total, isi dari memori atau RAM akan disalin (di-copy) terlebih dahulu ke dalam hard disk. Jadi, ketika komputer dihidupkan kembali tidak akan membutuhkan waktu yang lama, karena isi RAM sudah ada di hard disk dan siap diambil alih kembali setelah komputer menyala. Pada mode Hibernate, konfigurasi komputer pun akan tersimpan secara otomatis. Jadi, kalau kamu sedang membuka aplikasi sebelum komputer di-hibernate, misalnya program Internet Download Manager (IDM) atau Media Player Classic (MPC), maka program-program atau aplikasi-aplikasi tersebut akan tetap aktif setelah komputer dihidupkan kembali. Mode Hibernate cocok digunakan kalau kamu sedang tidak akan memakai komputer dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama dan akan segera kembali menggunakan komputermu.

3. Sleep

Kalau kamu memilih opsi Sleep, maka komputer akan 'tertidur'. Pada mode ini, sistem operasi akan menyimpan segala aktivitas komputer di dalam RAM, lalu berjalan dengan konsumsi daya (power) yang sangat rendah dan dapat dihidupkan kembali hanya dalam waktu beberapa detik. Dalam penggunaan baterai, mode Sleep masih bisa berjalan dan apabila baterai sudah hampir habis, maka komputer (dengan sistem operasi Windows 7) akan 'bangun' dan otomatis masuk ke dalam kondisi Hibernate dengan terlebih dahulu meng-copy semua aktivitas RAM ke dalam hard disk.

4. Restart

Penjelasan untuk opsi ini cukup sederhana dan simpel. Apabila kamu memilih opsi Restart, maka komputer akan dimatikan secara total (Shut down), kemudian dihidupkan kembali dari kondisi awal.

Sekian dulu postingan aku tentang perbedaan fungsi Shut down, Hibernate, Sleep, dan Restart pada komputer. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita semua, khususnya dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Wassalam. 

10 comments:

  1. Izin sharing Bung Indra. Bermanfaat sekali artikel yang ini. Syukron.

    ReplyDelete
  2. Nice article Mas Indra ... :)

    ReplyDelete
  3. Intinya beda2 tipis antara shutdown, hibernate, sleep dan restart di PC ...

    ReplyDelete
  4. Kalo gw selama ini sih laptop selalu gw shutdown. Jarang pake option yang lain. Hahahah ...

    ReplyDelete
  5. @Iqbal Farisy: Silakan, Bang Iqbal. Dengan senang hati. 'Afwan ... Hehehe ... :D

    @Nabila: Thank you ... :)

    @Frans20: Ya begitulah, Gan Frans ... :)

    @Evan Jonathan: Makanya, sekali-sekali coba pake pilihan options yang lain dong. Hehehe ... :D

    ReplyDelete
  6. kalo kita lagi download pke IDM .trus pke mode hibernate apakah file yg didownload dapat terselesaikan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kita lagi download pakai IDM terus kita Hibernate komputer, download yang kita lakukan akan Pause (berhenti). Kalau masalah terselesaikan atau tidak, tergantung tipe file yang kita download, apakah resumable (bisa dilanjutkan) atau not-resumable (tidak bisa dilanjutkan) download-nya.

      Delete
  7. kalo download pake mode sleep baru bisa jalan downloadnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetapi jika komputer sedang dalam kondisi 'tidur' (Sleep) otomatis aktivitas Windows ikut 'tidur', termasuk proses download.

      Delete
  8. Makasih kang indra...:)
    aku jdi bsa ngerjain tugas di sekolah...hehehe

    ReplyDelete