Monday, August 12, 2013

Buruknya Stabilitas Koneksi Telkom Speedy (Hingga Bulan Agustus 2013)

Pada awalnya aku percaya bahwa Telkom Speedy adalah provider alias penyelenggara jasa layanan internet terbaik di Indonesia. Mulai berlangganan Speedy sejak pertengahan tahun 2007 dengan paket Personal (kuota 1 GB per bulan) dan sejak pertengahan tahun 2008 mengambil paket Time-Based (kuota 50 jam per bulan), aku merasakan kestabilan dan kecepatan yang handal dari provider internet milik BUMN ini. Sempat berhenti langganan Speedy pada bulan Januari 2009 dan kemudian memilih provider lokal, yaitu DigiNet, aku kembali memutuskan untuk kembali berlangganan Speedy mulai bulan Mei 2009 hingga saat ini.

Aku sempat mengalami puncak 'bulan madu' dengan layanan internet Telkom Speedy pada pertengahan tahun 2010 hingga pertengahan tahun 2012 lalu. Kecepatan download dan upload yang sangat tinggi diiringi oleh kestabilan koneksi membuat aku amat sangat ketagihan mengunduh dan mengunggah setiap hari. Tiada hari tanpa browsing dan download. Seakan-akan setiap detik yang terbuang karena tidak men-download file dari internet adalah kerugian besar.

Akan tetapi, mulai bulan Oktober 2012 kemarin kondisinya perlahan-lahan berubah. Bukannya berubah menjadi semakin baik, tetapi justru berubah menjadi semakin mengesalkan, menjengkelkan, dan mengecewakan!!!

Sejak saat itu hingga kini, permasalahan yang timbul dari koneksi Speedy yang terpasang di rumahku sama saja dan selalu berulang. Masalah-masalah tersebut adalah:

1. RTO (Request Timed Out) Setiap Kali Turun Hujan

Koneksi Download via IDM RTO Saat Speedy Error di Waktu Hujan.
Ini masalah yang paling sering terjadi dan paling menjengkelkan. Koneksi putus-nyambung yang biasa disebut dengan istilah RTO (request timed out) selalu terjadi apabila hujan turun, khususnya jika intensitasnya cukup deras. Jaringan internet Telkom Speedy di rumahku selalu mengalami RTO jika hujan turun. Jika yang turun hanya hujan ringan alias gerimis, biasanya RTO terjadi cuma sekali, bahkan kadang-kadang tetap stabil. Tetapi, kalau yang turun adalah hujan deras ditambah halilintar yang menggelegar berkali-kali, sudah pasti koneksi internetnya selalu RTO alias putus-nyambung setiap saat (baca: setiap detik). Kalau sudah seperti itu, mau tidak mau aku harus menunggu sampai hujan lebat bercampur halilintar itu reda dan berhenti, karena koneksi Speedy-nya baru normal kalau cuaca sudah bersahabat. Yang jadi masalah, kota tempat tinggalku sangat sering diguyur hujan dan didatangi halilintar menyambar-nyambar. Repot kalau setiap hujan deras plus halilintar datang koneksi internet selalu RTO. Ya, walaupun aku "Si Lelaki Halilintar", tetap saja aku tidak bisa membendung atau menghalangi turunnya hujan deras beserta sang halilintar yang sesungguhnya, karena hanya Allah swt. yang bisa melakukannya. Hehehe ...

2. Internet Down Tiba-tiba Tanpa Sebab

Masalah yang satu ini juga cukup menjengkelkan. Seringkali koneksi internet Telkom Speedy di rumahku mengalami down (tidak terkoneksi internet) tanpa sebab yang jelas. Saat sedang asyik-asyiknya bermain Facebook, download film, download game, buka Twitter, atau menulis di Blogger, eh tiba-tiba koneksi internetnya down. Terkadang down-nya bisa terjadi beberapa kali dalam rentang waktu 5-10 menit. Padahal saat internet down tiba-tiba itu kondisi cuaca sedang bagus: pada waktu dini hari yang langitnya terang penuh bintang dan bulan, pada waktu pagi hari yang cerah, pada waktu siang hari yang sangat panas, pada waktu sore hari yang hangat, dan pada waktu malam hari yang tenang. Sangat menjengkelkan, bukan?

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut sebenarnya aku sudah pernah memanggil (menelepon) CS (customer service)-nya Telkom Speedy di 147. Namun, seperti biasa untuk menghubungi CS-nya saja lama banget karena antri. Daripada buang-buang pulsa untuk mendengarkan ringtone yang gak jelas lebih baik aku telepon langsung salah satu teknisinya. Sempat dia memberikan solusi untuk mengecek sambungan kabel telepon dan suara telepon. Kalau suaranya buruk berarti saluran telepon yang harus diperbaiki. Setelah aku cek, ternyata jaringan telepon rumahku baik-baik saja. Dia juga sempat datang dan mengecek sambungan kabel telepon luar yang dari tiang listrik ke rumah. Ternyata juga tidak ada masalah. Akhirnya, si teknisi pulang dan akan mengecek langsung dari pusat. Beberapa jam kemudian, si teknisi menghubungi aku dan katanya jaringan di pusat baik-baik saja.

Oh, ya sudah kalau begitu. Proses pencarian masalah aku hentikan sampai di situ. Pada akhirnya aku simpulkan bahwa:

- Jaringan telepon dan kabel luar tidak ada masalah;
- Teknisinya sudah bekerja maksimal, tetapi wawasannya mungkin belum mumpuni untuk mengatasi masalah stabilitas koneksi internet di rumahku;
- Jaringan di pusat (server) Telkom Speedy 'sepertinya' baik-baik saja; dan
- Bisa jadi jaringan Telkom Speedy yang terpasang di rumahku atau mungkin di titik cabang tempat tinggalku yang memang selalu error dan down setiap kali hujan deras bercampur halilintar turun, bahkan juga terkadang terjadi di waktu cuaca bersahabat.

Faktor simpulan yang terakhir itu yang akhirnya aku abaikan saja. Daripada mengganti seluruh jaringan dengan biaya yang cukup besar, lebih baik terus berdoa semoga suatu saat nanti Telkom Speedy 'terpanggil hati nuraninya' untuk memperbaiki sendiri tanpa harus diminta oleh pelanggannya yang kecewa.

Namun, satu hal yang pasti. Apabila kondisi seperti ini terus-menerus terjadi, maka Telkom Speedy-lah yang akan kena 'batu'-nya. Bagi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sebesar Telkom, kejadian-kejadian RTO dan down tanpa sebab adalah sesuatu hal yang amat sangat memalukan!!!

Sekian dulu postingan dari aku yang berisi kekecewaan dan kekesalan aku terhadap buruknya stabilitas koneksi internet Telkom Speedy akhir-akhir ini. Mudah-mudahan di masa mendatang akan ada perbaikan demi kemaslahatan bersama. Sekian dan wassalam.

4 comments:

  1. Connection Speedy emang sering masalah dari bertahun2 yang lalu, apalagi kalau hujan sering rto tanpa sebab. Mahal2 bayarnya sering down, menyebalkan banget ... -_-

    ReplyDelete
  2. Banyak yang korupsi kali tuh di perusahaannya! hahahah

    ReplyDelete
  3. speed that you cannot trust

    ReplyDelete
  4. @Frans20: Iya nih, Gan Frans. Ane pun bingung. Sepertinya sejak pemimpin utama Telkom Speedy diganti menjelang akhir tahun 2012, kualitas layanan internet Speedy malah jadi tambah menurun. Hmm, patut dicurigai, jangan-jangan ada apa-apa lagi ... -_-

    @Evan Jonathan: Sebagian besar orang juga berpikiran begitu, Van. -_-

    @Anonymous: Hahaha ... :D

    ReplyDelete