Logo Telkom Indonesia |
Telkom Speedy - dengan segala kelebihan dan kekurangannya - adalah penyedia jasa layanan (service provider)
internet terbesar di Indonesia dan paling banyak digunakan oleh
masyarakat negeri ini. Akan tetapi, sudah jelas layanan internet apapun
oleh ISP (internet service provider) manapun tidak ada yang bebas
seratus persen dari berbagai jenis gangguan. Gangguan yang paling umum
dan paling sering terjadi pada koneksi internet Telkom Speedy adalah RTO
(request timed out), yaitu suatu kondisi ketika jaringan
internet yang kita gunakan mengalami 'putus-nyambung' atau bahkan mati
total sehingga tidak dapat dipakai sama sekali. Ada kalanya modem sudah
kita restart dan kita reset, tetapi masalah RTO atau down masih tetap terjadi, bahkan modem semakin sering restart
sendiri sehingga RTO terjadi berulang-ulang. Penyebab gangguan RTO pada
koneksi internet Telkom Speedy bisa bermacam-macam, mulai dari kualitas
jaringan yang buruk, cuaca yang ekstrim, modem yang yang rusak, dan
sebagainya. Untuk itu, artikel ini sengaja saya tulis untuk membantu
kita mengenali berbagai penyebab koneksi internet Telkom Speedy
mengalami RTO alias down beserta solusi yang dapat dilakukan.
Apabila koneksi internet Telkom Speedy Anda mengalami RTO alias down, silakan perhatikan hal-hal berikut ini.
1.
Cek jaringan telepon rumah Anda. Caranya sangat mudah, yaitu Anda cukup
mengangkat gagang pesawat telepon dan dengarkan apakah ada bunyi
kemerosok yang mengganggu. Atau Anda bisa mengetes melalui handphone
(HP) Anda dengan cara menghubungi nomor telepon rumah Anda, lalu Anda
dengarkan apakah ada suara kemerosok yang keluar. Jika Anda mendengar
suara kemerosok yang mengganggu, maka dapat dipastikan bahwa kualitas
jaringan telepon rumah Anda sudah buruk.
Solusi:
Anda dapat menghubungi Plasa Telkom di nomor 147 atau langsung ke
teknisi Telkom Speedy jika Anda sebelumnya pernah berkenalan secara
langsung. Silakan Anda request untuk bantuan penggantian kabel
telepon rumah Anda. Saya menyarankan, agar kabel telepon diganti
seluruhnya, yakni mulai box di tiang telepon terdekat sampai ke rumah
Anda dan kabel telepon dalam rumah Anda sampai ke kotak splitter yang memisahkan antara hub telepon rumah dengan internet.
Hal ini untuk memastikan agar kualitas koneksi internet benar-benar
bagus. Perlu untuk diketahui bahwa biaya penggantian kabel telepon mulai
dari box di tiang telepon terdekat sampai ke luar rumah Anda adalah
GRATIS. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 150.000, 00 untuk
penggantian kabel telepon di dalam rumah Anda berapapun panjang
kabelnya, karena pengerjaan di dalam rumah Anda adalah kewajiban dan
wewenang penuh Anda. Namun, jika Anda menyediakan sendiri kabel telepon
beserta splitter yang akan dipasang dan hanya meminta bantuan
teknisi Telkom untuk merangkai dan memasangnya, maka biaya pengerjaannya
tetap GRATIS. Silakan Anda pilih yang mana yang terbaik.
Jika penyebab koneksi internet Telkom Speedy mengalami RTO bukan pada nomor 1 di atas, silakan lanjut ke nomor 2 di bawah ini.
2.
Cek modem ADSL Anda. Saat koneksi internet Telkom Speedy Anda mengalami
RTO, perhatikan kondisi seluruh lampu pada modem ADSL Anda. Biasanya,
modem ADSL untuk Telkom Speedy terdiri atas 4 lampu, yakni lampu
indikator Power, LAN, Internet, dan ADSL. Untuk modem Wi-Fi, berarti ada
satu lampu indikator lagi, yakni Wireless.
Solusi: Perhatikan dan pahami kondisi berikut.
A.
Jika lampu indikator Internet mati sedangkan lampu-lampu indikator yang
lain menyala, berarti gangguan memang berasal dari Telkom Speedy
sendiri, entah ada gangguan pada DSLAM terdekat dari rumah Anda atau
gangguan pada server Telkom Speedy pusat. Anda dapat menghubungi
Plasa Telkom di nomor 147 untuk meminta kejelasan. Akan tetapi, matinya
lampu indikator Internet bisa juga disebabkan oleh kesalahan setting
pada modem. Anda silakan cek modem Anda di http://192.168.1.1/ lalu
perhatikan apakah ada kesalahan pada penyetelan modem ADSL. Jika ada
kesalahan, Anda bisa me-reset modem dan men-setting ulang modem ADSL Anda sesuai petunjuk yang biasanya ada dalam kotak box modem Anda.
B. Jika lampu indikator ADSL mati sehingga otomatis lampu indikator Internet pasti mati, atau lampu indikator ADSL mengalami blinking
(kedap-kedip) tidak stabil, maka kemungkinan besar gangguan RTO
disebabkan oleh kualitas jaringan telepon rumah Anda. Silakan Anda
pelajari nomor 1 yang telah diulas di atas.
C.
Jika lampu indikator LAN mati dan/atau lampu indikator Wireless mati
sedangkan lampu-lampu indikator yang lain menyala, berarti
kemungkinannya hanya ada dua, yakni kabel UTP atau STP yang tercolok ke
dalam hub LAN pada modem ADSL Anda rusak dan harus diganti atau memang
modem ADSL Anda yang mengalami kerusakan pada port LAN dan/atau
Wireless-nya. Solusinya, ya jelas Anda harus mengganti modem dengan yang
baru. Penggantian modem di kantor Plasa Telkom terdekat dapat Anda
minta secara GRATIS dengan syarat modem ADSL yang Anda gunakan
sebelumnya benar-benar pemberian dari Telkom dengan tanda terdapat logo
Telkom Indonesia di bagian luar modem maupun saat login ke dalam
http://192.168.1.1/. Syarat lainnya adalah modem masih dalam keadaan
tersegel (tidak pernah dibongkar sendiri sebelumnya) dan modem tidak
rusak karena faktor kesengajaan seperti dibanting, dipukul, dan
sebagainya.
D.
Jika semua lampu indikator mati total, sudah pasti modem Anda rusak.
Solusinya, sudah pasti Anda harus mengganti modem dengan yang baru.
Penggantian modem di kantor
Plasa Telkom terdekat dapat Anda minta secara GRATIS dengan syarat
modem ADSL yang Anda gunakan sebelumnya benar-benar pemberian dari
Telkom dengan tanda terdapat logo Telkom Indonesia di bagian luar modem
maupun saat login ke dalam http://192.168.1.1/. Syarat lainnya adalah
modem masih dalam keadaan tersegel (tidak pernah dibongkar sendiri
sebelumnya) dan modem tidak rusak karena faktor kesengajaan seperti
dibanting, dipukul, dan sebagainya.
3.
Jika semua penyebab dan solusi sudah Anda cek dan lakukan akan tetapi
koneksi internet Telkom Speedy masih mengalami RTO alias down,
jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi Plasa Telkom terdekat di nomor
147 agar problem tersebut dapat segera ditangani oleh para teknisi
Telkom Indonesia guna menstabilkan kembali koneksi internet Telkom
Speedy Anda.
Demikian artikel singkat yang saya tulis mengenai penyebab dan solusi saat koneksi internet Telkom Speedy mengalami RTO (request timed out) alias down. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
~Putra Raja Halilintar~
Indra Setyo Rahadhi, S.S..
Alhamdulillah sekarang koneksi internet Telkom Speedy di rumah sudah lancar setelah ganti kabel semua dari box di tiang telepon sampai kabel telepon dalam rumah. Koneksi internet langsung lancar. Hehehe ... :-D
ReplyDeleteAlhamdulillah wa Al-Syukru Lillah ... :-)
Deletemohon bantuannya mas..
ReplyDeleteRumah saya dipasang internet speedy dgn modem huawei.
ketika ada panggilan masuk dari luar ke telepon rumah ataupun saya hanya mengangkat gagang pesawat telepon saja, lampu ADSL langsung mati. Lampu mulai hidup kembali setelah gagang telepon saya letakkan kembali atau dalam arti, hidup kembali ketika telepon rumah tidak sedang dipergunakan. Seharusnya adsl tidak mati baik telepon sedang digunakan maupun tidak digunakan
Sebelumnya teknisi speedy sudah pernah datang utk mengurus mslh ini 2x. Tetapi setelah perbaikan, tetap saja dlm 1 atau 2 minggu akan kembali seperti itu. Saya juga krg mengerti yg dikerjakan teknisi tsb krn mrk hanya cabut colok kabel antara telepon, modem, splitter, dan kabel telepon rumah. biasanya perbaikan berlangsung selama 30 menit atau lebih.
Kabel antara splitter ke modem maupun telepon sudah diganti dgn yg baru. Telepon tidak ada gangguan. mohon bantuannya. Thanks.
Terimakash atas infonya, sekarang saya sudah tau apa masalahnya :D
ReplyDeletemas kalo lampu internet nyala merah knpa... sedangkan yg lain hijau
ReplyDeleteService komputer Panggilan
ReplyDeleteKami melayani jasa service komputer panggilan
Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
Hub : 081294209696
Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :
Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)
Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless
Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
Http://www.mataharikomputer.com
terimakasih, artikel ini sangat membantu saya dlm membuat laporan, untuk kedepannya mohon tambahkan sumber atau referensinya
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete