Monday, January 6, 2014

Virtual Audio Streaming - Software Perekam Suara Internal Komputer Tanpa Harus Memiliki Fitur "Stereo Mix" Pada Sound Card

Beberapa hari yang lalu, aku memainkan salah satu game gratis paling keren dari situs GameTop.com, yaitu Star Sword. Kemudian, aku ingin merekam lagu tema dalam game tersebut yang nuansanya sangat futuristik dan penuh fantasi, serta dapat membangkitkan semangat. Lagu tema tersebut memang sangat bernuansa "Hollywood-Style".
Lagu tema (dalam versi instrumental) tersebut adalah karya Krzysztof Wierzynkiewicz. Lantas aku pun mencari dan men-download berbagai macam software perekam suara (sound recorder software) komputer di internet, termasuk mencoba fitur "Sound Recorder" bawaan yang biasanya telah terinstal di Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 (punyaku Windows 7 Home Premium).
Sayang beribu sayang, semuanya tampak sia-sia. Yang aku download dan aku coba instal hanya program-program 'sampah' yang tidak berguna, disusupi adware dan malware, tidak kompatibel, dan membuat kotor registry values komputer. Dari sekian banyak program yang aku coba instal, nyaris semuanya membutuhkan fitur "Stereo Mix" pada sound card device untuk merekam suara internal komputer yang keluar melalui speaker, termasuk program "Sound Recorder" bawaan Windows. Dikarenakan fitur "Stereo Mix" tersebut tidak ada pada sound card Conexant CX20587 yang terpasang di laptopku, maka semua program perekam suara tadi tidak bisa merekam suara internal komputer secara langsung. Alhasil, program-program sound recorder tadi hanya bisa merekam suara eksternal (suara dari luar) komputer melalui mikrofon. Setelah aku mencari-cari penyebabnya di internet, ternyata sound card merk Conexant memang sudah menghilangkan fitur "Stereo Mix" pada komputer dengan instalasi Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 (kecuali Windows XP ke bawah). Sound card yang masih menyertakan fitur "Stereo Mix" adalah merk Realtek. Sangat sayang jika harus mengganti sound card hanya karena ingin merekam suara internal komputer.

Melalui perjuangan yang lumayan panjang selama beberapa hari, akhirnya aku mendapatkan juga software bagus yang dapat merekam suara internal komputer yang keluar melalui speaker tanpa harus melalui fitur "Stereo Mix" pada sound card. Artinya, semua komputer dengan instalasi Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 yang sound card-nya tidak lagi menyertakan fitur "Stereo Mix" akan dapat merekam seluruh suara internal yang keluar melalui speaker. Software tersebut adalah Virtual Audio Streaming.
Virtual Audio Streaming V4.0
Dengan software Virtual Audio Streaming, kita dapat merekam semua suara internal komputer yang keluar melalui speaker tanpa harus mengaktifkan fitur "Stereo Mix" pada Recording Device. Selain itu, program Virtual Audio Streaming juga kompatibel dengan semua merk dan jenis sound card yang biasa terpasang pada komputer. Program Virtual Audio Streaming akan menginstal 'Stereo Mix Virtual' (sesuai dengan namanya) pada komputer yang tidak memiliki fitur "Stereo Mix" dalam bentuk "Virtual Speaker" dan "Recorder Play Virtual".

Langsung saja, untuk men-download software Virtual Audio Streaming beserta Petunjuk Instalasi dalam bahasa Indonesia (aku yang menerjemahkan dari bahasa aslinya, bahasa Inggris. Hehehe ...) dan Serial Number-nya, silakan klik link di bawah ini:


Petunjuk Instalasi Software Virtual Audio Streaming:
  1. Tentu saja download terlebih dahulu program beserta serial number-nya;
  2. Ekstrak file kompresi hasil download dengan menggunakan WinRAR, WinZip, atau 7-Zip;
  3. Buka folder Virtual Audio Streaming V4.0 + Serial Number;
  4. Install software Virtual Audio Streaming-nya. (HARUS menggunakan file Setup yang ada dalam paket, jangan men-download file Setup dari sumber lain.);
  5. Jalankan software-nya dengan fasilitas "Run as administrator", lalu pilih menu "Help" dan klik "Active Product...";
  6. Masukkan alamat e-mail Anda pada kolom "Email Address" dan masukkan serial number-nya pada kolom "License Code" (serial number silakan dilihat pada file Notepad). Serial number yang dimasukkan harus benar semua dan tidak boleh salah, karena penulisan huruf kapital dan huruf kecil sangat berpengaruh sensitif;
  7. Pastikan koneksi internet Anda berjalan lancar, lalu klik tombol "Activate"; dan
  8. Sekarang Anda dapat merekam semua suara internal komputer yang keluar dari speaker. :)
Petunjuk Penggunaan Software Virtual Audio Streaming:
1. Jalankan software Virtual Audio Streaming sebagai administrator pada komputer (klik kanan pada program launcher, lalu pilih "Run as administrator".
2. Apabila muncul Warning - Virtual Device Not Found seperti gambar di bawah ini, abaikan saja. Klik "Ok" atau klik tanda silang (biasanya sampai tiga kali). Itu tandanya sound card virtual-nya belum diaktifkan, jadi tenang saja.
3. Program Virtual Audio Streaming akan muncul. Selanjutnya, untuk mengaktifkan sound card virtual silakan klik kanan pada ikon "Sound" di pojok kanan taskbar komputer, lalu pilih "Recording devices".


4. Aktifkan "Rec. Play" virtual dengan cara klik kanan, lalu pilih "Enable".


5. Selanjutnya, set "Rec. Play" virtual sebagai "Default Device" dan "Default Communication Device".


6. Matikan "Microphone" untuk sementara waktu. Klik kanan pada "Microphone", lalu pilih "Disable". Langkah ini bertujuan untuk menghindari terjadinya konflik antara dua device yang sama-sama berada dalam posisi "Ready". Lebih baik salah satunya dinonaktifkan dulu sementara waktu.


7. Selanjutnya, masih dalam kotak dialog yang sama, pilih menu "Playback". Aktifkan "Speakers" virtual dengan cara klik kanan, lalu pilih "Enable".


8. Selanjutnya, set "Speakers" virtual sebagai "Default Device" dan "Default Communication Device".
9. Matikan "Speakers" asli untuk sementara waktu. Klik kanan pada "Speakers", lalu pilih "Disable". Langkah ini bertujuan untuk menghindari terjadinya konflik antara dua device yang sama-sama berada dalam posisi "Ready". Lebih baik salah satunya dinonaktifkan dulu sementara waktu.

10. Sekarang, Virtual Audio Streaming sudah siap merekam suara internal apapun yang keluar dari komputer. Mari kita ambil contohnya. Aku menjalankan game Star Sword untuk direkam suara musiknya. Jalankan dulu game atau apapun itu yang akan kita rekam suaranya (bisa suara musik, suara orang berdialog, dsb.). Di sini contohnya suara game Star Sword.


11. Setelah program game dijalankan, beralihlah ke program Virtual Audio Streaming. Klik "Start Recording", lalu segeralah kembali ke program game atau file yang suaranya akan kita rekam.


12. Ingat!!! Setelah mengklik "Start Recording", segeralah kembali ke file tujuan perekaman suara, agar tidak banyak waktu yang terbuang. Selanjutnya, ambil perkiraan waktu, kira-kira berapa lama suara yang akan kita rekam. Hal ini penting, mengingat kekurangan software Virtual Audio Streaming adalah ketidakmampuan mengeluarkan suara speaker yang dihasilkan secara bersamaan dari speaker virtual dan speaker asli, sehingga kita harus mengira-ngira sendiri berapa lama suara yang kita rekam.


13. Apabila kira-kira suara yang kita rekam telah selesai direkam, kembalilah ke program Virtual Audio Streaming, lalu klik "Stop Recording".


14. Untuk membuka hasil rekaman, klik "Open Folder".


15. Sebelum Anda dapat mendengarkan hasil rekaman, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan kembali semua devices sound card asli (Speakers asli dan Microphone asli). Caranya, ikuti langkah-langkah pada nomor 3 s.d. nomor 9, tetapi lakukan langkah-langkah sebaliknya (aku rasa sangat mudah dan tidak perlu dijelaskan kembali di sini). Setelah itu, Anda dapat memainkan hasil rekaman menggunakan media player yang ada dalam komputer Anda (Windows Media Player, Media Player Classic, Winamp, dsb.).


16. Suara rekaman yang dihasilkan dijamin sangat jernih dan persis sesuai dengan aslinya. Hanya saja, kekurangan lain software Virtual Audio Streaming adalah hasil rekaman akan diproduksi dalam format suara wave dengan ekstensi ".wav" sehingga ukurannya bisa sangat besar (apalagi jika durasinya semakin lama). Oleh karena itu, untuk mengkompres file suara hasil rekaman ke ukuran normal, kita harus mengkonversi ekstensi ".wav" menjadi ".mp3".

Silakan download WAV to MP3 Converter di sini:


17. Untuk mengedit suara hasil rekaman dalam format ".mp3" agar yang disimpan adalah suara yang benar-benar kita inginkan, Anda dapat menggunakan software MP3 Cutter. Programnya dapat Anda download di sini:


Demikianlah tutorial cara merekam suara internal komputer yang tidak memiliki fitur "Stereo Mix" pada sound card. Mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman yang ingin merekam suara internal komputer yang keluar melalui speaker tetapi tidak dapat di-download secara manual dan sound card komputernya tidak memiliki fitur "Stereo Mix". Teman-teman dapat menggunakan software ini untuk merekam suara musik yang dari browser secara online, suara dialog pada acara televisi atau film secara streaming, suara pidato, suara game, suara khutbah secara streaming, dan sebagainya.
Mohon maaf jika langkah-langkah yang aku uraikan terlalu panjang. Semua itu demi kesempurnaan penggunaan software dan agar teman-teman dapat menggunakan software-nya dengan mudah tanpa harus bertanya-tanya lagi kesana-kemari. Terima kasih. :)

~Putra Raja Halilintar~
Indra Setyo Rahadhi, S.S.
.

31 comments:

  1. Gan Indra, thank you very much for sharing this very useful tricks and tips. I tried it and it works 100%. Nice job!!! ;)

    ReplyDelete
  2. Wah, mantap nih ada link download sama serial numbernya segala. :D Syukron katsiron, ya akhi Indra. Hehehe ... :)

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat berguna nih Bang Indra. Syukron Bang... Hehehe... :)

    ReplyDelete
  4. @Frans20: Hehehe ... Thank you very much, Gan Frans. :D

    @Agung Magenta: 'Afwan wa barakallahu fiik ya akhii. Wa ashkurak shukran jazilan 'ala ziyaratikum fii hadza-l-blog. Hehehe ... :)

    @Iqbal Al-Farisi: Sama-sama, Bang. :D

    ReplyDelete
  5. Matur Nuwun Kang Indra iki Bahlian mohon Download...

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Sudah mengikuti langkah-langkah dalam Petunjuk Instalasi-nya belum, Gan? :) Memang pertama kali terlihatnya agak ribet. :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Bro terima kasih ya,,tapi aktivasinya failed nih,,sudah mengikuti..jadi masih keluar suara trial deh.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada urutan proses aktivasi yang terlewat, Gan. Hehehe ... :)

      Delete
  9. Gan ini aplikasi buat ngerekam suara internal doang kn?gk ada gangguan suara dari luar Kaya suara orang,tv,motor,kipas,tukang jualan?aplikasi lain buat ngerekam suara internal doang ada gk?kalau bisa sama videonya,tapi yang penting sih audionya doang.makasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Agan. Ini aplikasi buat merekam suara internal saja, sama sekali tidak terpengaruh suara dari luar apapun itu. :-)

      Delete
  10. mas ini bisa ngerekam suara dari luar komputer ga? seperti voice note di bb. tanpa mesti menggunakan prantara apapun, contonya harus ada headset yang pakek microphone. plis info mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa ya Mas. Kalaupun bisa harus pakai perantara. :-)

      Delete
  11. terimakasih gan,, in sya allah tercatat sebagai pahala (ilmu yang bermanfaat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Aamiiin. Terima kasih banyak. Semoga pula artikel ini bermanfaat bagi semua yang membutuhkan. Wa jazakumullah khairan katsiran atas kunjungannya. Shukran. :-)

      Delete
  12. Berbagi ilmu yg bermanfaat tercatat sbg amalan,amin

    ReplyDelete
  13. bro indra koq laptop q ga bisa download ny y
    skali di klik download muncul iklan judi bola pula
    tolong bantuan nya gan indra
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan judi bola itu hanya iklan sponsor, Mas. :-)

      Di bagian atas ada tulisan "adf.ly", tunggu sekitar 5 detik. Lalu klik "Skip Ad". Setelah itu Mas akan masuk ke link download yang dituju di Google Drive. :-)

      Delete
  14. Makasih Banyak gan. Sudah dicoba dan SUKSES !!

    ReplyDelete
  15. Ini bisa untuk merekam acara tv streaming gak mas...??mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  16. Ini bisa untuk merekam acara tv streaming gak mas...??mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  17. sip gan, btw anda seneng game space? nyoba darkobit gan bagus tu buat pecinta game space

    ReplyDelete
  18. thanks gan, software-nya sangat berguna.

    ReplyDelete
  19. Gan, coba pakai cara yang ini, mudah mudahan bisa

    https://jauhar-blog.blogspot.co.id/2017/01/cara-menyalakan-stereo-mix-pada.html

    ReplyDelete
  20. Terkutuklah kau Connexant menghilangkan stereo mix

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete